Senin, 16 Maret 2020

Virus virus yang berbahaya dan mematikan didunia



VIRUS

      Virus adalah mikroorganisme patogen yang menginveksi sel makhluk hidup. Akhir-akhir ini dunia digegerkan dengan kemunculan virus yang bernama virus corona atau disebut juga covid-19.
      Kemunculan virus pertama kali di temukan di wuhan cina, virus ini berbahaya, karena memakan banyak korban dan telah menyebar dibelahan dunia.Namun, masih ada virus yang lebih berbahaya daripada virus corona, yaitu sebagai berikut :
1.Virus Marburg



        Ilmuwan mengidentifikasi virus marburg di 1967, ketika wabah kecil menimpa pekerja laboratorium di Jerman yang terekspos monyet dari Uganda. Virus marburg ini mirip dengan ebola yang dapat menyebabkan demam hemoragik.
Artinya, penderita dapat terkena demam tinggi dan pendarahan di tubuhnya yang bisa menyebabkan kegagalan organ serta kematian. Angka kematian dalam wabah pertama adalah 25%, tapi menjadi lebih dari 80% dalam wabah yang terjadi antara tahun 1998-2000 di Kongo dan tahun 200t di Angola.

2.Virus Ebola




        Wabah pertama ebola terjadi secara simultan di Sudan dan Kongo pada tahun 1976. Virus ganas ini menyebar melalui darah, cairan tubuh atau jaringan tubuh manusia dan hewan yang terinfeksi.
Jenis ebola reston tak membuat orang sakit. Tapi ebola bundibugyo punya angka kematian lebih dari 50% dan 71% untuk ebola sudan. Wabah terbesar ebola terjadi pada awal tahun 2014 di Afrika Barat.
B
3.Virus Rabies



       Meskipun vaksin rabies untuk hewan peliharaan telah diperkenalkan di tahun 1920-an, penyakitnya tetap menjadi masalah serius di India dan sebagian Afrika. Virus ini sungguh mengerikan karena dapat merusak otak.
Kabar baiknya, ada antibodi melawan rabies sehingga penderita bisa disembuhkan. "Tapi jika Anda tidak mendapatkan perawatan, ada 100% kemungkinan Anda akan meninggal dunia," kata Elke Muhlberger, profesor mikrobiologi di Boston University.

4.HIV




       Di dunia modern, virus paling mematikan mungkin adalah HIV. Diestimasi korban meninggal karena virus ini total berjumlah 36 juta orang sejak pertama kali ditemukan pada awal tahun 1980-an.
Obat-obatan modern memang mampu membuat penderitanya hidup selama bertahun-tahun. Namun penyakit ini berakibat fatal di negara berkembang atau miskin, di mana 95% infeksi HIV terjadi.

5. Flu Burung



      Virus ini harus diwaspadai karena dapat berdampaak buruk bagi manusia. Menyerang pada tahun 1997, telah membunuh 60% penderitanya. Disebabkan oleh peradangan protein yang berakibat gangguan pernapasan n dapat menebabkan kematian . Gejala awal timbulnya virus ini adalah flu, diare, dan muntah.

6. Hantavirus

       Awal kemunculan virus ini berada di Amerika Serikat pas tahun 1993. Disebabkan oleh kontak langsung dengan kencing atau kotoran tikus. Sudah ada 600 orang yang tertulah dan 36% meninggal. Gejala awalanya ditandai oleh demam, gagal ginjal, dan penyakit paru-paru.

7. Kyasanur Forest Virus



      Virus ini ditemukan pada tahun 1955 di pantai Barat Daya. Virus ini ditularkan dari kutu namun, ada yang berasumsi dari babi hutan, tikus, dan burung. Gejala awalnya demam tinggi, nyeri otot berdampak pendarahan, dan pusing yang kuat.

                   



                       SEMOGA BERMANFAAT:)))



5 komentar:

  1. Khoirunnas anfa'uhum lintas
    "Sebaik baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lain"
    Anda adalah manusia paling baik

    BalasHapus
  2. semoga kita dijauhkan dari virus2 tsb:)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus